Uang dan Suku Bunga

Era modern membuat semua aspek saling berkaitan dan saling menyebabkan hubungan sebab akibat. Perputaran uang dalam bentuk kertas telah mengubah semuanya dalam beberapa abad terakhir. Uang kertas hanyalah sebuah kertas yang nilai sebenarnya kertas itu lebih kecil dari nominal yang tertulis di uang tersebut. Timbulnya nilai uang tersebut hanya dari sebuah kesepakatan dari banyak orang sehingga lahirlah nominal yang tertulis di kertas.  Nilai uang tersebut masih akan ditentukan dengan faktor luar negeri seperti perdagangan luar negeri. Nilai uang itu sendiri mengalami uji kelayakan secara alamiah sebelum disepakati oleh banyak orang.

Masalah utama dalam mata uang modern saat ini adalah fluktuasi nilai mata uang. Semakin banyak uang beredar yang tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat akan menurunkan nilai uang tersebut. Sifatnya sama dengan barang kalau sudah terlalu banyak maka harganya akan murah. Alasan inilah yang menyebabkan uang tidak bisa dicetak terlalu banyak dalam suatu negara. 

Menariknya bukan hanya jumlahnya yang menjadi masalah tetapi banyaknya transaksi antar negara juga menimbulkan fluktuasi nilai mata uang suatu negara. Jelas penyebabnya adanya kebutuhan yang sangat besar terhadap suatu mata uang asing. Dari segi faktor eksternal sebagian negara diuntungkan dengan nilai kurs mata uangnya yang lebih murah dibanding negara lainnya yang menciptakan keunggulan dalam ekspor. Negara yang diuntungkan itu umumnya negara maju. Sebagian lagi akan bermasalah dengan pelemahan mata uang negaranya karena nilai impor negara itu terlalu besar dibanding ekspor. Contoh Negara yang mengalami permasalahan penurunan nilai mata uang yaitu Zimbabwe dengan 250 triliun Dollar Zimbabwe sama dengan 1 dollar Amerika Serikat. Lihat jumlah digitnya pasti akan bikin susah mata akibatnya secara sukarela oleh warga negaranya sendiri mata uang ini diganti dengan mata uang negara lain.

Dari sisi internal negara tersebut dihadapkan masalah klasik yaitu inflasi. Penggambaran inflasi yang tepat biar gampang dimengerti bagi masyarakat yang awam dengan istikah ekonomi yaitu dulu dengan uang 100 rupiah di era 90an kita bisa menikmati 3 permen namun sekarang tidak bisa. Sekarang 3 permen itu dihargai paling tidak 1000 rupiah. Kenaikan harga inilah yang disebut inflasi. Hantu inflasi ini menggerogoti nilai mata uang dari waktu-waktu sampai menabung uang di rumah bisa menjadi salah kalau terlalu menyimpannya.

Sumber gambar www.youtube.com, Bank Indonesia Channel

Mengingat kompleksnya permasalahan mata uang baik dari kurs mata uang maupun inflasi, obat modern yang sejauh ini masih menjadi andalan adalah penentuan suku bunga acuan dalam suatu negara. Suku bunga acuan tetap saja bukanlah obat satu-satunya tapi tentu menjadi bagian penting dalam era ekonomi modern. Suka tidak suka semua aspek dalam perekonomian sangat susah terlepas dari pengaruh suku bunga acuan. Suku bunga acuan akan menjadi landasan pokok dalam menentukan besar suku bunga di bank manapun.

Semakin tinggi suku bunga akan membuat jumlah besar pinjaman akan mengalami penurunan yang berakibat kurangnya ekspansi perusahaan dan pertumbuhan ekonomi secara keselurahan akan mengalami penurunan, Kelebihan suku bunga tinggi adalah ketika anda menabung di bank jumlah bunga yang di dapat akan semakin banyak. Bagi bank central yang mengeluarkan suku bunga acuan akan berfungsi menarik jumlah uang yang beredar di masyarakat yang diharapkan dapat menekan tingginya inflasi. Bila suku bunga tingginya juga akan membuat pihak asing tertarik pada surat berharga dalam negeri seperti obligasi, deposito karena akan memberikan imbal hasil yang lebih tinggi. Bagi kalangan pengusaha tingginya suku bunga akan membuat beban bunga pembayaran hutang usaha mereka pada bank akan semakin meningkat.

Sementara itu kelebihan suku bunga rendah adalah dapat merangsang pertumbuhan ekonomi disertai dengan peningkatan ekspansi bisnis sebagai efek rendahnya suku bunga pinjaman. Bagi pengusaha akan menurunkan beban bunga hutang yang harus dibayar ke bank. Kekurangannnya nilai suku bunga yang terlalu rendah akan meningkatkan jumlah uang yang beredar disertai dengan meningkatnya inflasi.

Secara global semakin besar perekonomian suatu negara semakin besarpula efeknya suku bunga acuan negara tersebut bagi negara lain yang ada di dunia. Tidak heran suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat menjadi yang terpenting, selanjutnya suku bunga bank sentral Inggris, Uni Eropa dan Jepang juga patut diperhintungkan dampaknya. Belakangan perkembangan ekonomi China juga menjadi salah satu yang yang diperhitungkan. Lantas sebagai negara berkembang Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral akan sangat memperhatikan perubahan suku bunga acuan dari negara-negara yang berpengaruh tersebut. Bukan hanya memperhatikan, BI melakukan penyesuaian kebijakan suku bunga acuan dalam negeri.

Kalangan Investor saham akan sangat membutuhkan informasi mengenai suku bunga untuk menyesuaikan portofolio mereka. Tidak jarang moment perubahan suku bunga menjadi ajang unjuk diri para investor untuk melakukan aksi mereka beli atau jual saham. Sebelum melakukan aksinya mereka akan mengikuti sejumlah informasi dari berbagai analis. Hasil analisa dari analis dapat dipertimbangkan sebagai langkah sebelum mengambil keputusan sebelum dan setelah terjadi perubahan tingkat suku bunga acuan. Pastinya Investor akan mempertimbangkan dampak suku bunga tersebut bagi saham yang dimilikinya. Kalaulah perusahaan itu mempunyai rasio hutang yang mengkhawatirkan bila terjadi kenaikan suku bunga akan berdampak negatif pada harga saham dan begitu pula sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: