Teliti Sebelum Membeli

Investor menengah dan jangka panjang baik swing trader mapun position trader sangat membutuhkan analisis fundamental, alasannya karena resiko yang mereka hadapi jauh lebih besar dari trader jenis lain. Semakin lama semakin besar pula kemungkinan yang terjadi di masa depan. Tiada kepastian di masa depan yang ada adalah perencanaan yang matang dalam mempersiapkan masa depan. Sudah seperti agen asuransi saja yang bicara persiapan masa depan tetapi tunggu dulu investor berbeda dengan asuransi. Investor memerlukan ketelitian sebelum membeli produk yakni saham.   

Position trader dan Swing trader mempunyai tujuan yang jelas yaitu mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin, yang menempatkan kedua jenis trader tersebut pada hukum yang berlaku yakni high risk high return. Senjata investor dalam menghadapinya adalah analisis fundamental. Pengetahuan di bidang fundamental memang terdiri dari Makro dan Mikro ekonomi tetapi dalam pembahasan ini kita lebih tekankan pada sisi mikronya terlebih dahulu.

Sumber gambar: http://www.jurnal.id

Semua yang dianalisis dalam mikro ekonomi lebih menekankan pada semua yang berhubungan dengan perusahaan dari aspek analisis laporan keuangan, laporan tahunan, laporan public expose dan propektus. Periode terbit jenis-jenis laporan tersebut berbeda-beda. Laporan tahunan biasanya terbit per tiga bulan yaitu april, juli, oktober dan maret tahun selanjutnya. Laporan tahunan dikeluarkan satu kali setahun antara maret dan april. Sementara Public Expose dikeluarkan satu kali setahun dengan waktu yang tidak menentu. Terakhir Propektus, biasanya dikeluarkan saat perusahaan akan memulai menawarkan sahamnya di bursa atau menerbitkan surat utang. Propektus berisi semua informasi menyangkut perusahaan tersebut.  

Menemukan laporan-laporan perusahaan sangat mudah didapatkan cukup kunjungi website resmi perusahan yang akan dianalisa kemudian download laporannya atau bisa juga mengunjungi website milik otoritas bursa efek yakni www.idx.co.id . Selain itu, investor juga dapat memanfaatkan informasi-informasi dari website yang menyajikan laporan keuangan dan kinerja perusahaan seperti www.investing.com dan http://www.rti.co.id Bagi pengguna android cukup install aplikasi keduanya sehingga baik berita dan laporan keuangan terkini pun akan selalu update. Satu hal lagi menemukan laporan keuangan di website-website tersebut gratis.

Semakin mendalam analisis fundamental maka layaknya sebuah produk semakin kita mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Poin yang paling penting adalah bagaimana membuat laporan di atas dibuat sederhana, hemat waktu dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh seorang awam di bidang tersebut. Jawabannya adalah Investor harus mengetahui rasio-rasio utama dari berbagai macam laporan yang ada. Dalam pembahasan berikutnya penulis akan memperkenalkan rasio-rasio tentu step by step.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: