Analisis Sejarah Harga

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, sebuah ungkapan yang sering kali kita dengar. Tahukah ungkapan itu juga berlaku dalam menganalisis saham.  Pergerakan harga yang terjadi dari waktu-ke waktu adalah sejarah yang terus tercipta yang bisa ditandai dengan kelahiran saham di pasar saham bahasa kerennya IPO (Initial Public Offering). Tidak seperti buku sejarah yang menjelaskan hanya bagian terpenting yang mempunyai dampak sampai saat ini, sejarah yang dimaksud dalam analisis teknikal adalah pergerakan harga saham tiap waktu selama jam kerja yang diterjemahkan dalam angka.

Penyajian harga saham yang bersifat efisien dan praktis bertujuan agar lebih memudahkan investor dan pihak yang punya kepentingan untuk menganalisis dan mengambil keputusan dengan cepat. Umumnya pergerakan ini diterjemahkan dalam sebuah grafik biar angka-angka yang tersaji lebih komunikatif. Begitu grafik tersaji akan didapatkan pola-pola pergerakan harga yang pernah terjadi yang semakin memudahkan untuk menilai kewajaran harga saham. Kegiatan menganalisis pola-pola pergerakan harga saham tersebut dikenal dengan istilah analis teknikal.

Seberapa efektif analisis teknikal yang menitik beratkan sejarah pergerakan harga saham tersebut, menurut penulis itu efektif terutama dalam mempengaruhi investor mengambil keputusan. Alasannya pergerakan naik turun harga saham terlihat dengan jelas yang membuat investor dapat mengambil posisi untuk melakukan beli atau jual saham secara lebih rasional dan logis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: